oleh

Ini Alasan Pemkot Bekasi Tiadakan Operasi Yustisi

Bekasi – Operasi yustisi yang kerap digelar di Kota Bekasi setelah Lebaran kini telah tiada. Operasi penertiban orang-orang pendatang itu diputuskan tak akan lagi digelar di Jakarta setelah Lebaran 2019 (1440 H).

Hal ini diungkapkan langsung oleh Kepala Dinas Pendudukan Catatan Sipil (DISDUKCAPIL) Kota Bekasi, Taufiq Rachmat Hidayat, Rabu Kemarin, (12/06/19).

Dirinya menjelaskan nantinya mereka pendatang baru yang tidak ber-KTP akan didata dan dimintai keterangan oleh pihak kecamatan dan kelurahan setempat.

“Nantinya kita akan berkoordinasi melalui kecamatan dan kelurahan untuk mendata ulang warga pendatang, jadi kita tidak perlu melakukan razia yustisi atas alasan menghormati hak asasi manusia,” ujar Taufiq kepada awak media.

Selain itu, Taufiq juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Bekasi baik warga asli maupun warga pendatang agar melengkapi tiga dokumen kependudukan sipil seperti KTP Elektronik, Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga.

“Jadi jangan membuat akta, atau merekam E-KTP kalau sudah kepepet. Jangan seperti itu. Usahakan saat belum dibutuhkan, cepat dibuat karena itu sangat penting,” himbau Taufiq

Pada arus balik lebaran tahun 2019 ini, Disdukcapil sudah mulai mendata di beberapa Kelurahan.

Dari kegiatan tersebut, Disdukcapil berkerja sama dengan Dinas Sosial dan aparat kewilayahan mengimbau kepada para pemudik untuk selalu membawa dokumen kependudukan. (Adv- GL)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed