oleh

Kanwil DJP Jabar II dan Jabar III Siap Bersinergi Dukung Reformasi Pajak

Kota Bekasi–Guna mengawal reformasi perpajakan yang dicanangkan Kantor pusat, Kanwil DJP Jawa Barat II dan Kanwil DJP Jabar III bertekad untuk saling bahu membahu mengawal kebijakan tersebut.

Hal ini langsung disampaikan, Kepala Kanwil DJP Jawa Barat II Yoyok Satiotomo dan Kepala Kanwil DJP Jabar III Catur Rini Widosari pada saat pelaksanaan peringatan Hari Pajak di acara Car Free Day Kota Bekasi.

Menurut Yoyok maupun Catur Rini, bisa dijadikan momentum untuk lebih meningkatkan kepercayaan masyarakat akan pentingnya pajak bagi kelangsungan pembiayaan pemerintahan Republik Indonesia. Kepercayaan masyarakat pada Direktorat Jenderal Pajak bisa ditumbuhkan dengan dilaksanakannya reformasi perpajakan yang terus menerus dan berkesinambungan.

Selama lebih dari satu dekade, Direktorat Jenderal Pajak telah melaksanakan reformasi perpajakan. Dimulai pada 1983 yang ditandai perubahan sistem perpajakan Indonesia dari official assesment menjadi self assesment dimana perhitungan, pembayaran dan penyetoran pajak sepenuhnya diserahkan pada wajib pajak. Selain perubahan sistem perpajakan, pada saat itu disahkan 5 Undang-Undang Perpajakan sekaligus.

Saat ini, reformasi perpajakan yang dicanangkan Direktorat Jenderal Pajak dititik beratkan pada 5 aspek yaitu pembenahan organisasi Direktorat Jenderal Pajak, pembentukan sumber daya manusia yang tangguh, penataan sistem teknologi dan basis data, penyederhanaan proses bisnis dan penyempurnaan peraturan perundang-undangan.

Tujuan pelaksanaan reformasi pada ke lima aspek  tersebut adalah untuk meningkatkan  kepercayaan Wajib Pajak terhadap Direktorat Jenderal Pajak, meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak, meningkatkan Kehandalan pengelolaan basis data/administrasi perpajakan, dan terbentuknya integritas serta produktivitas aparat perpajakan. (GL)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed